Tugas/Kuis Manajer dalam Kegiatan Manajemen

1. Siapakah manajer itu?

Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.

2. Uraikan beberapa tingkatan manajemen perusahaan, berikan contoh jenis usaha perusahaannya!

Tingkatan Management :

  1. Top Management (Manajemen Puncak)
    terdiri dari manajer utama dari suatu organisasi-chief executive officer atau presiden direktur-serta satu tingkat di bawahnya (subordinat) yang biasanya disebut vice presiden/wakil direktur. Top manajemen bertanggung jawab terhadap keseluruham manajemen dari suatu organisasi. Bertugas objective dari suatu organisasi, goal (tujuan), dan kebijaksanaan operasional.
  2. Middle Management (Manajemen tingkat menengah)
    meliputi seluruh manajer yang tingkatannya di bawah vice-president tetapi di atas tingkatan supervisor. Manajer tingkatan ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan objective dan kebijaksanaan yang telah dibuat oleh top manajemen. Beberapa perusahaan memiliki dua atau tiga tingkatan middle manajer. Manajer pabrik dan sales manajer adaloah contoh dari middle manajemen.
  3. Supervisory or First-Line Management (Manajemen Supervisi atau Tingkat Pertama)
    adalah manajer pada tingkatan operasional, level terendah dari suatu manajemen. Memiliki tanggungjawab untuk me-manage group tempat mereka berada dan untuk mencapai tingkat kerja yang diinginkan suatu organisasi. Bawahan yang dimiliki manajer ini adalah karyawan bagian operasional.
  4. Non-Supervisory Management (Manajemen Nonsupervisi)

Contoh tingkatan management perusahaan bergerak dalam bidang produksi sepatu dan sandal :

tingkatan management perusahaan bergerak dalam bidang produksi sepatu dan sandal

3. Keahlian-keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh manajer?

Keahlian-keahlian yang harus dimiliki oleh manajer :
  1. Keahlian teknis (technical skills), keahlian untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu, misalnya keahlian mendisain bangunan.
  2. Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat (human relation skills), keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai karakteristik orang di masyarakat.
  3. Keahlian konseptual (conceptual skills), keahlian dalam berfikir abstrak, sistematis, mendiagnosa/menganalisis masalah pada situasi yang berbeda, keahlian memprediksi masa depan.
  4. Keahlian dalam pengambilan keputusan (decision making skills), keahlian menidentifikasi masalah dan menawarkan berbagai alternatif solusi.
  5. Keahlian dalam mengelola waktu (time management skills)
  6. Keahlian dalam hal menguasi teknologi tertentu (technological skills)

4. Keahlian apa yang perlu dimiliki seorang manajer dalam menghadapi tantangan Era Global?

Keahlian yang harus dimiliki seorang manajer dalam menghadapi tantangan Era Global :
  1. Keahlian dalam Managerial Skills secara umum.
    Seorang manajer untuk bisa menghadapi tantangan di era global harus menguasai keahlian manajemen yang sudah sangat umum di dunia management. Keahlian-keahlian tersebut meliputi:
    • Keahlian teknis (technical skills)
    • Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat (human relation skills)
    • Keahlian konseptual (conceptual skills) 
    • Keahlian dalam pengambilan keputusan (decision making skills) 
    • Keahlian dalam mengelola waktu (time management skills)
    • Keahlian dalam hal menguasi teknologi tertentu (technological skills)
  2. Selain Managerial Skills yang disebutkan di atas, seorang manajer juga harus mengusai keahlian lain, misalnya :
    1. Mengenal karakteristik perusahan. Seorang manajer harus paham dan mengerti kelemahan perusahaan, kekuatan perusahaan, ancaman apa yang akan dihadapi oleh perusahaan dan mampu melihat kesempatan yang ada di depan. Dengan mengetahui kelemahan perusahaan kita mampu mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin bisa menghancurkan perusahaan. Untuk menghindari hal yang demikian kita harus mampu membangkitkan kekuatan perusahaan agar tetap bisa bertahan dalam persaingan di era global.
    2. Seorang manajer harus mampu melihat sejauh mana keahlian yang dimiliki oleh bawahannya, apakah sudah mampu memenuhi kebutuhan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan apa tidak agar perusahaan bisa berjalan dengan baik. Jadi seorang manajer harus mampu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
    3. Hal yang paling penting bagi manajer agar bisa menghadapi tantangan era globalisasi adalah menguasai multi bahasa, minimal bahasa Inggris.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik artikel. Komentar akan tampil setelah di moderasi.
EmoticonEmoticon